Facial merupakan salah satu cara untuk merawat kulit wajah anda, terutama jika diberikan oleh seseorang yang mengerti kecantikan, berpengalaman dan mempunyai lisensi. Tujuan facial adalah membersihkan wajah, memelihara kulit, mengelupaskan sel-sel kulit mati, memberikan pelembab ke kulit wajah sehingga membuat kulit wajah semakin bertambah muda.

Tahapan dari facial yaitu:

  1. Konsultasi
    Sebelum memulai facial sebaiknya konsultasi dengan dokter kecantikan yang ada di klinik  agar dokter tersebut tahu facial yang bagaimana yang harus diberikan  kepada pasien.  Setiap pasien berbeda jenis perawatan facial yang akan diberikan.
  2. Membersihkan wajah
    Sebelum dimulai facial sebaiknya pasien mengganti baju yang telah disediakan oleh klinik kecantikan tersebut lalu membungkus rambut dengan handuk maupun ikat kepala(bando). Membersihkan wajah dimulai dengan membersihkan wajah dan leher secara keseluruhan dengan menggunakan cleansing milk. Setelah itu dibersihkan dengan menggunakan kapas atau spons.
  3. Pemijatan
    Pada pemijatan inilah yang harus berbeda. Pada kulit yang berjerawat sebaiknya pemijatan hanya sekedarnya saja dan dilakukan secara lembut tidak terlalu keras. Pemijatan yang erlalu keras pada kulit yang berjerawat akan merangsang komedo untuk bereaksi dan jerawat akan  bertambah sakit/meradang. Untuk kulit yang tidak ada masalah, pemijatan juga sebaiknya  dilakukan lembut dan tidak terlalu keras karena kulit wajah berbeda dengan kulit tubuh. Pemijatan yang terlalu keras malah akan membuat  kulit  wajah mengendur dan bila salah pijit malah dapat menimbulkan gangguan syaraf seperti rasa kebas, bibir bisa miring ke kiri atau ke kanan.
  4. Pemanasan (steam)
    Kegunaan steam ini untuk membantu melunakkan komedo yang nantinya akan mempermudah beautician mengeluarkan komedo. Tapi sekarang sudah ada aturan baru yang menegaskan steam ini bisa dilakukan bisa tidak. Pada pasien tertentu contohnya seperti penderita asma maka steam akan membuat kambuh asmanya, juga pada pasien dengan kulit sensitif maka malah akan menambah masalah dikulit wajahnya seperti kemerahan,iritasi. Itulah sebabnya sebelum dilakukan steam, beautician wajib menjelaskan efek dari steam ini sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.
  5. Pengelupasan dengan menggunakan scrub
    Pengelupasan dengan scrub hanya dilakukan pada kulit wajah yang tidak mempunyai masalah. Pada kulit yang berjerawat pengelupasan tidak memakai scrub butiran tetapi memakai scrub dengan butiran gel yang sangat lembut yang biasanya mengandung enzim asam yang berfungsi untuk melonggarkan ikatan sel-sel kulit yang nantinya akan mengelupaskan sel-sel kulit mati tanpa menimbulkan iritasi pada kulit yang berjerawat.
  6. Ekstraksi
    Ekstraksi adalah proses pengeluaran komedo yang akan berpotensi menjadi jerawat.Sebaiknya komedo yang dikeluarkan dengan pijatan yang keras hanya dilakukan didaerah hidung saja sedangkan komedo yang terdapat didaerah pipi,dagu,dahi dapat dikeluarkan dengan menggunakan enzim asam yang telah dipaparkan pada point 5. Jika komedo pada daerah pipi,dagu dan dahi dikeluarkan dengan pijatan maka akan berpotensi menjadi jaringan parut.
  7. Pemijatan dengan accupresure
    Pemijatan dilakukan lagi tetapi kali ini dengan penekanan pada titik-titik tertentu yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah serta limfatik.
  8. Masker
    Pemberian masker disesuaikan dengan jenis kulit pasien. Masker dilakukan selama 10 menit saja. Pada saat pemakaian masker, beautician akan memijat daerah leher serta lengan agar pasien merasa semakin nyaman.
  9. Pemakaian alat-alat kecantikan
    Pada bagian ini klinik kecantikan dapat menambahkan pemakaian alat yang sebelumnya telah didiskusikan bersama pasien seperti galvanic, high frekuensi, ultrasound, pemakaian ion dan anion yang semuanya bertujuan meningkatkan kecantikan pasien.
  10. Pemakaian serum dan tabir surya
    Hal terakhir yang dilakukan untuk menutup facial ini adalah dengan
    memberikan serum sesuai dengan jenis kulit pasien dan tabir surya untuk melindungi kulit pasien dari  sengatan sinar matahari.
Kontak Marketing
X